17 Jun 2019

MUDAH | +62 852-2765-5050 | Cara Mengganti Pita Printer Kasir

+62 852-2765-5050 cara mengganti pita printer kasir

Cara Mengganti Pita Printer Kasir - Printer merupakan salah satu perangkat kerja yang tidak bisa ditinggalkan dalam kesibukan pekerjaan. Bahkan printer memiliki banyak jenis yang disesuaikan penggunaannya dalam setiap kebutuhan. Mungkin memiliki satu fungsi yang sama namun printer memiliki klasifikasinya sendiri – sendiri. Hal ini dibedakan berdasarkan nilai fungsi dan kebutuhan pengguna. Terutama pada penggunaan printer kantor biasa dengan printer kasir.

Secara fisik, printer kantor dengan printer kasir jelas terlihat sangat berbeda. Yang mana printer kantor cenderung lebih besar dan kemampuan cetak yang tinggi, sedangkan printer kasir hanya mampu mencetak struk kecil berisi total belanjaan dengan bodi yang jelas lebih kecil. Sedangkan secara fungsi, printer kasir jauh lebih sedikit dari pada printer kantor karena pada printer kasir hanya digunakan untuk keperluan transaksi pada kasir. 

Secaraa umum printer kasir dan printer kantor memiliki beberapa taknologi yang sama, seperti penggunaan pita dan tinta. Pita pada printer kasir biasanya menggunakan pita dot matrik, pita ini merupakan pita terbaik dengan teknologi terbaru yang ada. 

Kelebihan printer dot matrik
  • Harga jauh lebih murah dari pada printer toner ( tinta ) untuk printer jenis ink jet dan laser jet.
  • Jenis printer dot matrix cukup bervariasi karena memiliki jenis warna cetak berwarna maupun tidak berwarna.
  • Pada jenis printer warna memiliki cukup banyak yaitu empat waran yang terdiri dari hitam, biru, kuning dan merah.
  • Bisa mencetak dengan mode rangkap
  • Dapat mencetak dengan ukuran besar dan lebar


Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun printer dot matrix juga memiliki banyak kekurangan.
  • Mode pencetakan dengan resolusi masih cukup rendah
  • Memiliki suara yang sangat kerasa saat digunakan
  • Tidak bagus untuk mencetak gambar karena akan tampak titik – titik yang saling berhubungan
  • Gerakannya sangat lambat
  • Warna yang dihasilkan tidak bervariasi
Meskipun begitu lebih banyak orang yang memilih jenis printer dot matrix terutama pada printer kasir. Pada bagian printer kasir memamng lebih memungkinkan memakai printer dot matrix agar lebih mudah dalam pemakaian. Lagian pemakaiannya cukup sederhana sesuai dengan kebutuhan pekerjaan kasir. Printer kasir juga memiliki jenis bagian yang simple dan sederhana jadi jika mengalami kerusakan ataupun penggantian pada bagian tertentu akan cukup mudah untuk penangannya. Adapun bagian dari printer kasir Antara lain :

1. Motherboard 

Tidak sama dengan motherboard pada komputer dan laptop, motherboard pada printer kasir cenderung lebih kecil serta sudah disetting khusus menggunakan software khusus. Dimana terdapat banyak sekali chip – chip yang digunakan.

+62 852-2765-5050 cara mengganti pita printer kasir

2. Cartridge

Cartridge pada printer seakan sebagai jantung utama untuk menjalankan sebuah pencetakan. Seperti kerja otak, yang mana semakin encer ( cair ) sebuah isi cartridge maka hasil yang di dapatkannya pun akan semakin bagus. Sebaliknya, jika cartridge semakin kental maka hasil yang di keluarkan akan cukup buruk. Jadi cartridge harus diperhatikan dengan baik agar bisa menghasilkan cetakan yang baik. Selain cartridge, tinta juga sangat penting untuk proses pencetakan jadi perhatikan juga kualitas tinta yang digunakan.

3. Rumah cartridge ( dudukan cartridge )

Bagian ini merupakan bagian permanen dalam sebuah printer, apapun jenis printernya cenderung sama saja bentuk dan rupanya. Gunanya adalah untuk menempatkan cartridge agar mudah digunakan karena instalasi yang cukup sederhana.

4. Head print

Head print merupakan tempat dimana tinta akan keluar dari cartridge baik tinta hitam dan warna lainnya.

5. Chip board

Chip board berfungsi untuk menghubungkan cartridge dengan motherboard, biasanya juga disambungkan dengan kable fleksibel yang tidak mudah putus dengan banyak gerakan.

6. Cable atau kabel

Kabel berfungsi untuk menyambungkan antar device printer agar bisa bekerja dengan seksama.

Printer kasir termasuk printer yang cukup kecil jadi akan cukup mudah dalam segala jenis perbaikan, termasuk penggatian pita printer. Pita printer kasir yang sudah memakai system dot matrix memiliki jenis pita yang cukup panjang. Beberapa orang mungkin kesusahan dalam pemasangan pita printer ini, berikut cara – cara mengganti pita printer.

Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan seperti cutter, gunting, silet, isolasi dan tentu saja pita printer refill. Untuk pita printer refill bisa menyesuaikan dengan merk dan tipe printer yang digunakan.
  1. Buka printer dengan cara membuka cashing printer.
  2. Buka pengait yang ada pada dudukan cartridge ( tempat pita ) sampai cartridge terpisah menjadi dua
  3. Tekan roller cartridge dengan menekan tombol di bawah printer dan keluarkan pita yang akan diganti. Bersihkan juga tempat pita dari kotoran yang tertinggal.
  4. Masukan kotak pita kedalam cartridge sesuai dengan posisi yang sesuai.
  5. Masukan pita ke roller di sebelah kiri sesuai dengan alura yang tertera. Lepaskan pengait yang ada di bagian bawah agar bisa menjepit kembali. Dan selipkan pita pada bagian bawah kardus.
  6. Pasang pita sesuai alur pada sisi kanan sama seeperti pada sisi kiri sebelumnya. Lalu sobek bagian karton yang terbuka dan tarik keluar.
  7. Lalu tarik karton secara perlahan karena jika terlalu cepat dikhawatirkan akan menarik pita yang masih menempel pada kardus dan akan membuat berantkan pita dalam cartridge.
  8. Rapikan kembali pita pada cartridge sebelum ditutup.
  9. Setelah rapi, tutup cartrudge dengan cara menyatukan dua bagian yang dipisah sebelumnya secara perlahan. Pastikan pada saat proses pengaitan, pengait sudah dipasang dengan benar dan kencang. Untuk menghindari keterbukaannya cartridge pada saat pemakaian bisa diamankan dengan menggunakan isolasi
  10. Pasang plastik yang ada pada head printer untuk langkah terakhir dalam penggantian pita printer.
Pita printer kasir lx 300 yang biasa digunakan cukup beragam, tergantng dari merk, tipe dan kualitas cartridge yang digunakan. Seperti Epson LX 2170/2180/2190, Epson LX 300/310, Epson LX 800, Epson ERC 30/34/38. Jika membutuhkan jenis pita refill tersebut untuk keperluan penggantian pita printer atau dengan merk apapun bisa hubungi nomor Telp/WA/SMS ke +62 852-2765-5050

0 komentar