17 Feb 2019

Pita Printer Lx 310 | +62 852-2765-5050

Pita Printer Lx 310 - Printer merupakan tool yang digunakan untuk melakukan pencetakan data berupa gambar atau grafik diatas kertas. Printer biasanya digunakan bersamaan dengan komputer atau laptop. Disambungkan menggunakan sebuah kabel yang akan mengirimkan data ke printer lalu dicetak. Hasil dari pencetakan berbeda – beda tergantung dari jenis printer, kualitas gambar dan kualitas kertas yang digunakan. Untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus ataupun data yang jelas, kita harus memastikan beberapa hal seperti dibawah ini.

pita printer lx 310, +62 852-2765-5050

1. Kualitas gambar untuk pengeprint-nan gambar (.jpg, .jpeg, .mpig dll)
2. Kualitas printer
3. Jenis tinta
4. Masalah pada printer

Dari berbagai jenis hal yang mempengaruhi kualitas pencetakan, masalah pada printer lah yang paling berpengaruh. Masalah printer sendiri sangat banyak, berbagai hal itu cukup mempengaruhi dalam proses pengeprint-nan. Berikut beberapa hal yang menggambat dalam proses pengeprint-nan.

1. Paper jam atau kertas macet

Paper jam atau kertas macet umum terjadi pada printer laserjet. Cara mengatasi paper jam cukup mudah namun beberapa orang malah melakukan kesalahan yang membuat permasalahan semakin parah. Mencabut kertas yang macet memang merupakan langkah yang harus dilakukan bilaterjadi paper jam, namun sebelum itu harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu seperti kondisi cartridge, kondisi kertas yang tersangkut (jika kertas yang tersangkut lebih dari satu maka keluarkan satu persatu). Setelah memastikan semua itu barulah tekan tombol resum baru kemudian mengeluarkan kertas yang tersangkut. Pastikan tidak ada potongan kertas yang tertinggal dan pastikan cartridge bergerak bebas.

2. Hasil percetakan terputus – putus

Hasil percetakan terputus biasanya terjadi pada printer inkjet. Hal ini terjadi karena beberapa hal seperti tinta printer yang mau habis, tinta pada permukaan lubang cartridge membeku, atau lebih serius jika tinta sama sekali tidak keluar. Jika hasil cetakan terputus maka lakukan cleaning beberapa kali atau mengganti ulang tinta jika memang sudah habis. Jika masih saja terjadi masalah bawalah ke tempat servis printer. 

3. Tinta printer membeku

Biasanya hal ini sering terjadi pada printer inkjet karena printer sudah lama tidak digunakan sehingga tinta membeku. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah mengganti cartridge printer dengan yang baru. Maka, lebih baikn printer rutin dicek dan digunakan untuk membuat mesin tidak ‘dingin’ dan tinta membeku. 

4. Printer tidak respon

Masalah ini biasanya menyerang pada drive printernya. Jika masalah ini terjadi maka akan muncul pesan kesalahan bahwa printer tidak bisa merespon, atau printer sama sekali tidak bergeming. Pada jendela print queue ada deretan file yang akan di print namun gagal. Maka hapuslah secara manual satu persatu. Lalu cek pada WindowsSystem32, lalu close session. Jika belum baik maka dissable printer dan sambungkan lagi. 

Faktor lain yang memperngaruhi  kualitas pencetakan adalah jenis printer. Bagus tidaknya jenis printer yang juga akan mempengaruhi hasil cetakan oleh karena itu kita harus memilih jenis printer yang bagus. Hal ini dapat dilihat dari jenis printer berdasarkan teknologi dan bahan  yang digunakan.

1. Dot matrix

pita printer lx 310, +62 852-2765-5050

Printer dot matrix menggunakan pita sebagai bahan cetaknya. Hasil pencetakan dari printer jenis ini memang kurang bagus karena umumnya hanya bisa menggunakan tiga warna yaitu hitam, biru dan merah. Dan biasanya ketiga warna ini jarang dipakai secara bersamaan karena membuat hasil cetakan menjadi jelek. Oleh karena itu printer ini biasanya digunakan oleh perusahaan perkantoran yang lebih sering menggunakan satu warna saja. Kelebihan dari printer jenis ini terletak pada harganya yang murah sehingga cocok untuk pelajar atau mahasiswa.
Jika kamu menggunakan printer jenis ini, kami memiliki beberpaa rekomendasi jenis pita printer yang bagus sehingga meningkatkan kualitas pencetakan.
  1. Reffil pita printer Epson LX300
  2. Reffil pita printer Epson LX310
  3. Reffil pita printer Epson LX300+II

Jika kamu bingung memilih dan mencari tempat pembelian, hubungi kami saja ke Telp/WA/SMS 085227655050

2. Inkjet

Printer inkjet menggunakan tinta sebagai bahan cetaknya, tingkat kualitas cetaknya standar. System kerja printer menggunakan semprotan yang membentuk titik – titik pada kertas melalui nozzle. Karena menggunakan tinta sebagai bahan cetaknya maka setelah dicetak harus di diamkan dulu sampai tinta kering. Pengguna printer ini merupakan personal sebagai keperluan pribadi. 

3. Laserjet

Printer laserjet menggunakan toner sebagai bahan cetaknya. Tingkat kualitasnya merupakan yang paling bagus. Hasil cetaknya cepat kering, oleh karena sangat direkomendasikan untuk perusahan percetakan, sekolah dan perusahaan lainnya yang memerlukan cetakan full color.

Itulah sekilas mengenai printer, tentang masalah yang sering terjadi, jenis printer, sampai jenis pita yang baik digunakan pada printer dot matrix. Terima kasih sudah menyimak ulasan kamu, tunggu artikel kami selanjutnya.

0 komentar